18 |
PIMPINAN |
Maklumat Pelayanan |
Maklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan sudah disosialisasikan, serta telah melakukan inovasi maklumat pelayanan |
Maklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan sudah disosialisasikan tetapi belum melakukan inovasi maklumat pelayanan |
Belum ada maklumat pelayanan dan atauMaklumat pelayanan sudah dideklarasikan sesuai dengan isi PERMENPAN No. 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan dan belum atau sudah disosialisasikan |
A |
3 |
3 |
19 |
PIMPINAN |
Standar Pelayanan Pengadilan (SK KMA No. 026/KMA/SK/II/2012) |
Standar pelayanan sudah ditetapkan, disosialisasikan dan sudah dilaksanakan |
Standar Pelayanan sudah ditetapkan tetapi belum disosialisasikan dan belum dilaksanakan |
Standar pelayanan belum ditetapkan |
A |
3 |
3 |
20 |
PIMPINAN |
Salinan putusan pengadilan (SEMA No. 01 Tahun 2011) |
Salinan putusan telah siap pada hari ke 14 (hari kerja) setelah putusan diucapkan |
Salinan putusan disiapkan lewat waktu 14 (hari kerja) |
Tidak terkontrol |
A |
5 |
5 |
21 |
PIMPINAN |
Penetapan Majelis Hakim |
Penetapan majelis dan PP sudah sepenuhnya menggunakan SIPP |
Penetapan majelis dan PP belum sepenuhnya menggunakan SIPP |
Penetapan majelis dan PP belum menggunakan SIPP |
A |
4 |
4 |
22 |
PIMPINAN |
Manajemen Resiko |
Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan telah dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (manajemen resiko) serta direview setiap tahun, sesuai dengan keputusan sekretaris Mahkamah Agung nomor 475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen RisikoDi Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di bawahnya |
Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) Serta direview setiap tahun dan atau tidak sesuai lagi dengan keputusan Sekma nomor 475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen RisikoDi Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya |
Belum ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) dan atau Telah ditetapkan Tim Manajemen Resiko dan belum dibuat langkah-langkah antisipasi penanganan resiko (identifikasi resiko) namun beluim direview setiap tahun dan atau tidak sesuai dengan keputusan Sekma nomor 475/SEK/SK/VII/2019 tentang Pedoman Manajemen RisikoDi Lingkungan Mahkamah Agung Dan Badan Peradilan Di Bawahnya |
A |
10 |
10 |
23 |
PIMPINAN |
Pemanfaatan Ruang Tamu Terbuka |
Penerimaan tamu perkara sudah sesuai SEMA No. 3 Tahun 2010 |
Ruang Tamu Terbuka sudah ada, tetapi tidak dimanfaatkan sebagaimana mestinya |
Belum ada ruang tamu terbuka |
A |
4 |
4 |
24 |
PIMPINAN |
Panitera bertanggungjawab terhadap Penyimpanan uang konsinyasi |
Pelaksanaan sudah sesuai dengan SEMA No. 4 Tahun 2008 |
Pelaksanaan belum sesuai dengan PERMA No. 3 Tahun 2016 atau SEMA No. 4 Tahun 2008 |
Belum melaksanakan |
A |
5 |
5 |
28 |
PIMPINAN |
Panitera membuat Penunjukan Panitera Pengganti dan Jurusita/Jurusita Pengganti |
Penunjukan PP dan JS/JSP sudah sepenuhnya menggunakan SIPP |
Penunjukan PP dan JS/JSP belum sepenuhnya menggunakan SIPP |
Penunjukan PP dan JS/JSP belum menggunakan SIPP |
A |
4 |
4 |
29 |
PIMPINAN |
Telah dilakukan pengawasan atas pelaksanaan court calendar dengan ketentuan setiap perkara pada asasnya harus putus termasuk minutasinya dalam waktu paling lambat 5 bulan dan mengumumkannya pada pertemuan berkala dengan para hakim |
Telah dilakukan sepenuhnya |
Telah dilakukan tapi belum sepenuhnya |
Belum Dilakukan |
A |
5 |
5 |
38 |
HAKIM PENGAWAS BIDANG |
Hakim Pengawas yang telah ditunjuk telah melaksanakan tugas pengawasan dan telah memberi petunjuk serta bimbingan yang di perlukan bagi para pejabat struktura maupun pejabat fungsional dan petugas yang terkait ( SK KMA /080/SK/VII/2006 ), dengan Data dukung :a. Ada SK Penunjukan Hakim Pengawas Bidangb. Ada Jadwal Pengawasanc. Ada bukti laporan pengawasan |
Telah Terpenuhi semuanya (dibuktikan dengan data dukung) |
Telah Terpenuhi sebagian (dibuktikan dengan data dukung) |
Tidak ada |
A |
5 |
5 |
40 |
HAKIM |
Hakim Bertanggung Jawab Terhadap Minutasi Perkara |
Minutasi Tepat Waktu Sesuai SOP |
Minutasi Tepat Tetapi Belum Waktu Sesuai SOP |
Minutasi Tidak Tepat Waktu Sesuai SOP |
A |
7 |
7 |
41 |
HAKIM |
Kewajiban Hakim untuk memonitor berita acara sidang, 1 hari sebelum hari sidang berikutnya, harus sudah selesai dan ditandatangani |
Selalu dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) |
Tidak selalu dilaksanakan |
Belum dilaksanakan |
A |
7 |
7 |
42 |
HAKIM |
Hakim menetapkan hari sidang pertama |
Selalu dilaksanakan dengan menggunakan SIPP |
Tidak selalu dilaksanakan menggunakan SIPP |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
43 |
HAKIM |
Hakim wajib membuat penetapan penundaan sidang |
Selalu dilaksanakan dengan penetapan (dibuktikan dengan data dukung) |
Tidak selalu dilaksanakan dengan penetapan (dibuktikan dengan data dukung) |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
45 |
INTERNAL ASESOR |
Tim internal Asessor a. SK Timb. Jadwal pelaksanaanc. Daftar/list pertanyaan asessmen internal (LKE)d. Tindak lanjut hasil temuan |
Sudah dilaksanakan dan sesuai dengan SOP (dibuktikan dengan data dukung) |
Sudah dilaksanakan namun belum sesuai dengan SOP |
Belum dilaksanakan |
A |
7 |
7 |
46 |
SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT |
Survey kepuasan masyarakata. Tim surveyb. Jadwal Survey (minimal per 6 bulan)c. Kuesionerd. Analisa hasil surveye. Laporan Hasil Surveyf. Tindak lanjut atas unsur dengan nilai terendah dan atau dibawah batas minimal |
Sudah dilaksanakan sesuai PERMENPAN No. 14 Tahun 2017 |
Sudah dilaksanakan namun belum sesuai PERMENPAN No. 14 Tahun 2017 |
Belum dilaksanakan |
A |
8 |
8 |
47 |
PANMUD HUKUM |
Standar Pelayanan Pemberian Informasi Publik di Pengadilana. Meja Informasi sesuai dengan SK Dirjen BADILAG No. 017/DjA/SK/VII/9/2017 tentang Pedoman Pelayanan Meja Informasi di lingkungan Peradilan Agamab. Petugas Meja Informasi ditetapkan dengan SKc. Tersedianya Kotak Pengaduan dan Saran,Tersediannya Formulir Permohonan Informasi sesuai dengan lampiran II dan III SK KMA No. 1-144/KMA/I/2011d. Petugas meja informasi sudah membuat laporan sesuai ketentuan pada SK KMA No. 1-144/KMA/I/2011e. Tersedianya perangkat komputer di meja informasi untuk mengakses SIPPf. Tersedia monitor jadwal sidangg. Tersedianya sarana survey harian (puas/tidak puas terhadap pelayanan pengadilan) |
Terpenuhi seluruhnya |
Terpenuhi sebagian |
Tidak tersedia sama sekali |
A |
5 |
5 |
53 |
PANMUD HUKUM |
Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM)a. MoU antara Ketua Pengadilan dengan Lembaga Layanan Bantuan Hukum dan diperbarui setiap tahunb. Absensi Petugas POSBAKUMc. Jadwal Piket petugas POSBAKUMd. Buku tamue. Daftar pengacara yang dapat dihubungi untuk perkara prodeof. Laporan Jumlah konsultasi dan perkara yang dibantu melalui POSBAKUM ke Dirjen BADILAG |
Terpenuhi keseluruhan |
Terpenuhi sebagian |
Tidak terpenuhi |
A |
2 |
2 |
63 |
PANMUD GUGATAN |
Panjar Biaya Perkara |
Sudah ditetapkan dan sudah diinformasikan dalam media informasi ( papan dan website ) |
Sudah ditetapkan namun hanya diinformasikan melalui papan informasi |
Sudah ditetapkan tetapi tidak diinformasikan dalam media informasi |
A |
7 |
7 |
66 |
PANMUD GUGATAN |
Proses Penundaan Sidang oleh PP melalui SIPP paling lambat 1 X 24 jam |
Selalu dilaksanakan |
Tidak selalu dilaksanakan |
Tidak dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
67 |
PANMUD GUGATAN |
Alur Gugatan sederhana harus diinformasikan |
Sudah disosialisasikan dan diinformasikan internal maupun eksternal pengadilan |
Sudah disosialisasikan dan diinformasikan internal pengadilan |
Belum disosialisasikan dan diinformasikan |
A |
2 |
2 |
68 |
PANMUD GUGATAN |
Kesesuaian pelayanan pada Panmud Gugatan dengan SK Ketua Pengadilan |
Sudah dilaksanakan seluruhnya |
Sudah dilaksanakan sebagian |
Tidak dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
69 |
PANMUD GUGATAN |
Papan nama daftar mediator diinformasikan oleh Panmud Gugatan |
Sudah dibuat dan sudah diinformasikan serta telah diinput pada sipp |
Sudah dibuat namun belum diinformasikan namun belum diinput di sipp |
Belum ada |
A |
2 |
2 |
70 |
PANMUD GUGATAN |
Laporan Mediator (nama dan perkara) yang berhasil melakukan mediasi Perkara diberikan ke Dirjen Badilag |
Sudah dilaksanakan dan dilaporkan |
Sudah dilaksanakan belum dilaporkan |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
71 |
PANMUD GUGATAN |
Permohonan kasasi yang telah memenuhi syarat formal selambat lambatnya dalam waktu 14 hari setelah tenggang waktu mengajukan memori kasasi berakhir, berkas kasasi harus sudah dikirim ke Mahkamah Agung (Buku II) |
Selalu dilaksanakan |
Tidak selalu dilaksanakan |
Tidak dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
72 |
PANMUD GUGATAN |
Dalam waktu 30 hari sejak permohonan banding diajukan berkas banding berupa bundel a dan b harus sudah dikirim ke PTA/MS |
Selalu dilaksanakan |
Tidak selalu dilaksanakan |
Tidak dilaksanakan |
A |
3 |
3 |
83 |
PANMUD PERMOHONAN |
Panjar Biaya Perkara |
Sudah ditetapkan dan sudah diinformasikan dalam media informasi ( papan dan website ) |
Sudah ditetapkan namun hanya diinformasikan melalui papan informasi |
Sudah ditetapkan tetapi tidak diinformasikan dalam media informasi |
A |
7 |
7 |
86 |
PANMUD PERMOHONAN |
Kesesuaian pelayanan pada Panmud Permohonan dengan SK Ketua Pengadilan |
Sudah dilaksanakan seluruhnya |
Sudah dilaksanakan sebagian |
Tidak dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
87 |
PANMUD PERMOHONAN |
Permohonan kasasi yang telah memenuhi syarat formal selambat lambatnya dalam waktu 14 hari setelah tenggang waktu mengajukan memori kasasi berakhir, berkas kasasi harus sudah dikirim ke Mahkamah Agung (Buku II) |
Selalu dilaksanakan |
Tidak selalu dilaksanakan |
Tidak dilaksanakan |
A |
3 |
3 |
103 |
PANITERA PENGGANTI |
Kewajiban PP untuk membuat berita acara sidang, 1 hari sebelum hari sidang berikutnya, harus sudah selesai dan ditandatangani |
Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) |
Belum dilaksanakan seluruhnya |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
104 |
PANITERA PENGGANTI |
PP Wajib mengisi penundaan sidang pada SIPP (paling lambat 1 X 24 Jam), dan melaporkan penundaan sidangnya ke panmud gugatan atau permohonan/ jinayat (khusus MS) |
Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) |
Belum dilaksanakan seluruhnya |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
105 |
PANITERA PENGGANTI |
Mengerjakan minutasi perkara sesuai SOP |
Sudah dilaksanakan |
Belum dilaksanakan seluruhnya |
Belum dilaksanakan |
A |
8 |
8 |
107 |
JURUSITA/JURUSITA PENGGANTI |
Relaas panggilan sidang /delegasi harus dilaksanakan paling lama 2 hari kerja setelah surat tugas keluar ( SEMA 6 tahun 2014 ) |
Sudah dilaksanakan (dibuktikan dengan data dukung) |
Belum dilaksanakan seluruhnya |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
113 |
KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATALAKSANA |
Pelaksanaan absensi sesuai dengan Perma No. 7 Tahun 2016 dan SK KMA 071/KMA/SK/V/2008 (uji petik tiga bulan terakhir) |
Absensi manual dan finger print sesuai dan pengisian absensi manual sudah sesuai ketentuan |
Absensi manual dan finger print belum sesuai namun pengisian absensi manual sudah sesuai ketentuan |
Absensi manual, finger print dan pengisian absensi manual tidak sesuai ketentuan |
A |
2 |
2 |
114 |
KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATALAKSANA |
Izin keluar kantor menggunakan formulir sesuai SK KMA 071/KMA/SK/V/2008 atau surat tugas sesuai ketentuan (uji petik tiga bulan terakhir) |
Sudah selalu dilaksanakan |
Tidak selalu dilaksanakan |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
115 |
KEPEGAWAIAN DAN ORGANISASI TATALAKSANA |
Peta kekuatan pegawai, rencana kebutuhan pegawai, dan Daftar Urut Kepangkatan |
Terpenuhi seluruhnya dan sudah tepat |
Terpenuhi sebagian |
Tidak tersedia sama sekali |
A |
2 |
2 |
130 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Pengelolaan surat masuk/keluar di pengadilan |
Sudah tercatat dan menggunakan aplikasi persuratan dan terkendali |
Sudah tercatat, belum menggunakan aplikasi dan terkendali |
Sudah tercatat, tetapi belum terkendali |
A |
5 |
5 |
135 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Labelisasi barang milik negara |
Diterapkan |
Diterapkan sebagian |
Tidak diterapkan |
A |
2 |
2 |
136 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Daftar barang ruangan |
Diterapkan |
Diterapkan sebagian |
Tidak diterapkan |
A |
2 |
2 |
137 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Layout jalur keluar masuk kendaraan |
Jalur masuk dan keluar kendaraan sudah diatur dengan baik (termasuk jalur mobil tahanan dan disesuaikan dengan kondisi mahkamah syariah) |
Jalur masuk dan keluar kendaraan sudah ada, tapi belum difungsikan |
Jalur masuk dan keluar kendaraan belum tertata |
A |
2 |
2 |
138 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Pengaturan lahan parkir |
Tertata dengan baik, ada petugas parkir dan sudah dipisahkan antara karyawan dengan pengunjung |
Tertata dengan baik, belum dipisahkan antara karyawan dengan pengunjung |
Tidak tertata |
A |
2 |
2 |
139 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Jalur evakuasi dan titik kumpul |
Sudah ada dan tepat |
Sudah ada tetapi belum tepat |
Belum ada |
A |
2 |
2 |
140 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Simulasi tanggap darurat dan kebakaran dengan instansi terkait |
Sudah dilaksanakan dan terbentuk tim penanganan bencana |
Sudah dilaksanakan tetapi belum terbentuk tim penanganan bencana |
Belum dilaksanakan |
A |
2 |
2 |
141 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Jalan masuk gedung pengadilan |
1 Pintu dan terpantau |
1 Pintu tetapi tidak terpantau |
Lebih dari 1 pintu masuk dan tidak terpantau |
A |
2 |
2 |
142 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Fasilitas untuk penyandang difabel |
Sudah tersedia (Toilet, jalur, kursi roda) |
Sudah tersedia sebagian |
Belum tersedia |
A |
2 |
2 |
143 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Tersedia informasi tentang Visi dan Misi,Papan daftar nama hakim, Papan daftar nama mediator, alur perkara, alur pengajuan dan penanganan layanan bantuan hukum, gugatan sederhana, dan informasi panjar biaya perkara, |
Tersedia seluruhnya |
Tersedia sebagian |
Belum tersedia |
A |
2 |
2 |
144 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Sarana alat pemadam api ringan (APAR) |
Ada, memadai dan terkontrol |
Ada tetapi tidak memadai |
Belum ada |
A |
2 |
2 |
145 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Kebersihan lingkungan pengadilan |
Sudah dilaksanakan terjadwal dengan alat kontrol checklist |
Sudah dilaksanakan terjadwal belum ada checklist |
Tidak terjadwal |
A |
2 |
2 |
146 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Pemeliharaan sarana dan prasarana (perangkat IT, rumah dinas, kendaraan dinas perlengkapan persidangan dll) |
Terjadwal dan menggunakan kartu kontrol |
Terjadwal tetapi belum menggunakan kartu kontrol. |
Tidak terjadwal dan tidak menggunakan kartu kontrol |
A |
2 |
2 |
147 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Penempatan CCTV |
Ada dan penempatannya tepat |
Ada dan penempatannya tepat |
Tidak ada |
A |
2 |
2 |
148 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Petugas keamanan |
Bersertifikat dan dilengkapi dengan peralatan |
Tidak bersertifikat dan dilengkapi dengan peralatan |
Ada, tetapi tidak memenuhi persyaratan |
A |
2 |
2 |
149 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Sarana pendukung (Ruang Posbakum, Ruang jaksa (khusus MS), Ruang penasihat hukum, Ruang Laktasi, Ruang tunggu pengunjung, Ruang kesehatan, perpustakaan) |
Lengkap dan layak |
Lengkap, tetapi tidak layak |
Tidak lengkap/Tidak ada |
A |
2 |
2 |
150 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Papan realisasi anggaran DIPA 01 dan DIPA 04 |
Ada dan diperbarui berkala 3 bulan |
Ada tetapi data tidak diperbarui berkala |
Tidak ada |
A |
2 |
2 |
151 |
UMUM DAN KEUANGAN |
Transparansi ( keterbukaan ) RKAK/L |
Diinformasikan melalui media informasi dan papan pengumuman |
Diinformasikan melalui media informasi / papan pengumuman |
Tidak diinformasikan |
A |
2 |
2 |
165 |
PERENCANAAN, TI DAN PELAPORAN |
Standarisasi website pengadilan SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA |
Sudah ada dan sesuai SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA |
Sudah ada tetapi belum sesuai Surat SK Dirjen Badilag No: 003.a/DjA/SK/I/2015 tentang Pedoman Pelayanan Informasi melalui website di lingkungan PA |
Belum ada |
A |
4 |
4 |