Debi Anggita

Debi Anggita

Pada hari Jum’at (12/1) bertempat di ruang sidang utama digelar rapat koordinasi bagi seluruh pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan Dalam rapat tersebut disinggung mengenai minutasi akhir tahun yang sudah baik. Dalam kesempatan tersebut sekaligus menjadi momen launching SIAPIP (Sistem Antrian Pelayanan dan Informasi Perkara) Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

 

SIAPIP adalah singkatan dari Sistem Antrian Pelayanan dan Informasi Perkara yang dikembangkan oleh Tim IT Pengadilan Agama Jakarta Selatan (Ijmal Alwan Taufiq). Dengan SIAPIP, para pencari keadilan akan dimudahkan dalam mengakses informasi tentang jalannya proses perkara melalui ponsel Android secara online/maupun offline dengan barcode yang ada di kartu yang telah diberikan sewaktu mendaftar perkara. Dengan men-scan barcode tersebut pada ponsel, pihak berperkara dapat mengakses info status perkara, info keuangan perkara, dan info jadwal sidang dari rumah, tanpa perlu datang ke kantor Pengadilan.

Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan (Dr. H. Uyun Kamiluddin, S.H., M.H.) secara resmi melaunching aplikasi ini agar ke depannya semakin memudahkan para pencari keadilan dalam berperkara dan mengakses informasi perkara. Dalam sambutannya, Ketua sangat mengapresiasi aplikasi ini dan berharap ke depan SIAPIP dapat dimanfaatkan secara optimal.

Secara mendadak Dirjen Badilag,Drs. H. Abdul Manaf, M.H. mengunjungi Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Beliau memberikan pembinaan kepada segenap pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Bertempat di ruang sidang, acara pembinaan diikuti oleh pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional, serta pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Dalam pembinaannya, Drs. H. Abdul Manaf, M.H menyampaikan hal-hal terkait kedisiplinan. “Hari terakhir sebelum libur panjang dan hari pertama setelahnya semua pegawai wajib genap kehadirannya. BAWAS pasti turun”, demikian beliau mewanti-wanti. Hal ini tentu sangat wajar mengingat pada hari pertama kerja di tahun 2018 BAWAS melakukan sidak di beberapa pengadilan di wilayah Jakarta, termasuk Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Selanjutnya, beliau menyampaikan bahwa tantangan tugas ke depan akan semakin berat, penguasaan hukum acara adalah mutlak, kemajelisan mohon diperhatikan. Moralitas pribadi juga tetap harus dikedepankan. Apa yang terjadi di dalam rumah tangga aparat penegak keadilan akan menjadi perhatian masyarakat luas. Oleh karena itu hendaknya masing-masing, menjaga hal itu terutama bagi hakim. Poin selanjutnya dalam pembinaan tersebut adalah pesan beliau untuk senantiasa menjaga kekompakan sesama aparat. Jika pimpinan nyaman dan kompak, seluruh kantor akan merasa nyaman pula. Di akhir pembinaannya, beliau menitipkan pesan agar jam masuk dan pulang jangan disimpangi dan jika ada kunjungan dari luar negeri harap bersiap-siap.

Acara pembinaan diakhiri sesi tanya jawab dan ditutup Ketua dengan bacaan hamdalah.

Mengawali tahun 2018, Pengadilan Agama Jakarta Selatan menyelesaikan satu agenda yang menjadi salah satu program kerja unggulan yang berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Bersama dengan Lembaga Bantuan Hukum Suryo, Lembaga Bantuan Hukum Bangun Kecerdasan Bangsa, dan Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Advokasi Syari’ah penandatanganan Momerandum Of Understanding (MoU) dalam Layanan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) ini dilaksanakan.  Lembaga tersebut adalah lembaga yang terpilih dari proses seleksi yang dilakukan di akhir Desember 2017. Acara penandatanganan berlangsung pada Hari Rabu (04/01/2017) bertempat di ruang rapat Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Najamudin, S.Ag.,S.H.,M.H. bersama pimpinan masing-masing lembaga penyedia jasa layanan Posbakum.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Dr. H. Uyun Kamiluddin, S.H., M.H., Wakil Ketua Hj. Atifaturrahmaniyah, S.H., M.H., Panitera Sufyan, S.H., Sekretaris Dodo Surgandha, S.H., M.Pd.  dan segenap tim seleksi penerimaan lembaga penyedia pelayanan hukum Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Di akhir acara tersebut diserahkan Surat Perintah Kerja (SPK) bersama MoU yang sudah ditandatangani kedua belah pihak kepada penyedia jasa Posbakum yang telah ditunjuk.

Dengan penandatanganan MoU tersebut, Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan menekankan pelaksanaan tata tertib dan kode etik syari’ah kepada petugas posbakum yang akan bertugas. Wakil Ketua pun menambahkan agar poin-poin yang ada di dalam MoU ditaati bersama. Sementara salah satu perwakilan dari lembaga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan PA Jakarta Selatan atas kepercayaan yang diberikan sebagai mitra dalam pemberian pelayanan bantuan hukum kepada masyarakat kota Jakarta Selatan.

Harapan kedua belah pihak adalah agar kerjasama dan kontrak kerja tersebut dapat berjalan dengan baik, agar pelayanan kepada masyakarat pencari keadilan dapat menjadi lebih efektif dan efisien di tahun 2018.

 

Pengadilan Agama Jakarta Selatan menggelar upacara perayaan hari ibu ke-89 pada hari Jum’at tanggal 22 Desember 2017. Ada hal yang unik pada upacara perayaan hari ibu kali ini, yakni semua petugas upacara dari kaum wanita. Wakil Ketua, Hj. Atifaturrahmaniyah, S.H., M.H. bertindak sebagai Pembina Upacara. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB di halaman depan kantor pengadilan.

Upacara perayaan hari ibu ini diikuti segenap pimpinan, hakim, pejabat struktural dan fungsional serta pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dalam amanatnya, Wakil Ketua menyampaikan bahwa peringatan hari ibu tiap tahunnya diselenggarakan untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, yang telah berjuang bersama-sama kaum laki-laki dalam merebut kemerdekaan dan berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Di akhir amanat, disampaikan ajakan untuk semua perempuan untuk maju terus, menjadi sosok mandiri, kreatif, inovatif, percaya diri, dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas dirinya sehingga bersama laki-laki menjadi kekuatan yang besar dalam membangun keluarga, masyarakat, dan bangsa.

Page 1 of 10

Agenda Pimpinan

02-10-2017 Upacara Bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila

di halaman Kantor PAJS

Alamat : Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu

Jakarta Selatan (12550)

Telp  : (021) 788 40013 , 78839743 (Fax)

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.