Debi Anggita

Debi Anggita

Jum’at sehat, Jum’at semangat. Itulah pemandangan yang terlihat dan suasana yang terasa pada Hari Jum’at pagi di halaman Gedung Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Jum’at pagi yang cerah (04/08) pada pukul 07.30 WIB diadakan senam yang diikuti seluruh unsur baik dari pimpinan, hakim, para pejabat, staf hingga pegawai honorer Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Senam dengan iringan musik yang semangat ditambah dengan instruktur senam yang atraktif membuat seluruh peserta antusias dalam setiap gerakannya.

Kegiatan senam pagi ini dilaksanakan secara rutin dan bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan serta kekompakan seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Hal yang terpenting dari kegiatan senam pagi ini adalah menjadi salah satu upaya menjaga agar badan menjadi sehat, sehingga pada akhirnya menciptakan suasana kerja yang produktif dan kreatif.

Rabu 02/08/2017, Drs. H. Uyun Kamiluddin, SH, MH (Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan) didampingi Sufyan, SH (Panitera Pengadilan Agama Jakarta Selatan) membuka rapat koordinasi bulan Agustus di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Rapat yang diikuti oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan tersebut dibuka pada pukul 08.00 WIB. Agenda rapat adalah pembinaan pimpinan sekaligus membacakan hasil pembinaan Ketua Mahkamah Agung di Banyuwangi pada tanggal 24-26 Juli 2017.

Pada kesempatan tersebut, Ketua juga secara khusus memberikan doa keberangkatan ibadah haji bagi hakim-hakim yang hendak menunaikan ibadah haji pada Bulan Agustus 2017, yaitu Drs. Yusran, MH, Drs Abdul Jabar, dan Drs. Nur Mujib, MH dengan teriring doa zawwadakallahut taqwa, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsuma kunta (semoga Allah membekalimu taqwa, dan semoga Allah mengampuni dosamu, serta semoga Allah mudahkan kebaikan untukmu di mana pun kamu berada).

Dalam agenda pembinaan, Ketua membacakan hasil pembinaan Ketua Mahkamah Agung di Banyuwangi pada tanggal 24-26 Juli 2017, di antaranya terkait kedisiplinan pegawai, administrasi persidangan, serta kesekretariatan. Kurang lebih terdapat 32 poin yang dibacakan. Rapat pun ditutup Panitera dengan membaca hamdalah.

Setelah menandatangani perjanjian kerja untuk waktu tertentu (kontrak) tanggal 17 Mei 2017 tentang kesepakatan menindaklanjuti temuan hakim tinggi pengawas daerah, pimpinan Pengadilan Agama Jakarta Selatan segera bergerak cepat. Mulai dari pembentukan tim, rapat-rapat di bidang Kepaniteraan dan Kesekretariatan, tindak lanjut temuan, hingga finalisasi tindak lanjut hasil temuan.

Dalam kontrak disebutkan, penyelesaian tindak lanjut diberikan batas waktu sampai tanggal 19 Juni 2017. Sebelum batas waktu tersebut, semua hasil temuan sudah ditindaklanjuti. Wakil Ketua (Hj. Atifaturrahmaniyah, S.H., M.H) selaku Ketua Tim Tindak Lanjut menyampaikan bahwa semua temuan sudah ditindaklanjuti, baik dari bidang Kepaniteraan maupun Kesekretariatan. Temuan pada website sudah semua dipenuhi, begitu juga pada keuangan dan jurnal perkara.

 

Ke depan, tentu kita berharap agar temuan tidak menjadi temuan berulang dan hasil temuan tersebut menjadi motivasi bagi segenap pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan untuk selalu menjadi lebih baik dan lebih baik lagi.

 

 

Pada hari ke-20 Ramadhan, Pengadilan Agama Jakarta Selatan menggelar kegiatan Khotmil Qur’an dan Santunan. Acara dilangsungkan di Ruang Sidang Utama dan dimulai pada pukul 16.30 WIB.

Kegiatan tersebut terlaksana atas swadana dari hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Rangkaian kegiatan acara tersebut meliputi pemberian santunan dan bingkisan kepada anak yatim dan janda yang tinggal di sekitar lingkungan Pengadilan, penyerahaan bingkisan kepada pramubakti Pengadilan Agama Jakarta Selatan, taushiah, dan buka puasa bersama seluruh pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Drs. H. Uyun Kamiluddin, S.H., M..H, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut sebagai perwujudan rasa syukur dan bentuk kebersamaan keluarga besar Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pemberian santunan dan bingkisan kepada anak yatim dan janda yang tinggal di sekitar lingkungan Pengadilan dan penyerahaan bingkisan kepada pramubakti Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Santunan secara simbolik diberikan oleh Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan serta Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Al Mahkamah Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Setelah pemberian santunan, acara dilanjutkan dengan taushiah yang di sampaikan Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Drs. Cece Rukmana Ibrahim, S.H. M.H. Tepat setelah taushiah disampaikan, tak terasa adzan magrib pun tiba. Acara dilanjutkan dengan buka bersama. Hingga penghujung acara, alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan kita berharap semoga di tahun-tahun mendatang acara serupa dapat terus terselenggara di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

 

 

 

Page 1 of 9

Agenda Pimpinan

02-10-2017 Upacara Bendera peringatan Hari Kesaktian Pancasila

di halaman Kantor PAJS

Alamat : Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu

Jakarta Selatan (12550)

Telp  : (021) 788 40013 , 78839743 (Fax)

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.