Najamudin NJ

Najamudin NJ

Genap sudah satu tahun Pengadilan Agama Jakarta Selatan meraih ISO 9001:2008, satker di lingkungan Mahkamah Agung RI ini merupakan peraih ISO 9001:2008 Pertama dari Pengadilan Agama Kelas IA.

Jumat 12 Mei 2016 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Jakarta Selatan, dilaksanakan seremonial penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 tahun kedua. Acara ini dihadiri oleh Ketua Kamar Peradilan Agama Mahkamah Agung RI (Prof. Dr. Abdul Manan, S.H., S.IP., M.Hum), Hakim Agung (Dr. H. Amran Suadi, S.H., M.H., M.M), Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta, Hakim Tinggi Pengawas Bidang, seluruh Ketua, Panitera, dan Sekretaris se wilayah Pengadilan Agama Jakarta.

Dapat dipertahankannya ISO 9001:2008 ini, merupakan satu prestasi setelah dilakukannya langkah-langkah konkrit dalam tinjauan manajemen dan diikuti dengan pelaksanaan pekerjaan sesuai SOP yang sudah dibuat, koordinasi yang berjalan dengan baik, dari Top Manajemen, MR, Lead auditor dan Dokumen kontrol (DC), hingga ditindaklanjutinya semua temuan-temuan para auditor baik internal maupun eksternal.

Dalam  rangkaian acara, pihak PT. ASR Internasional Indonesia selaku auditor eksternal (diwakili Bapak Hartoni) menyerahkan seritifikat ISO kepada Ketua Kamar Peradilan Agama MA RI, selanjutnya sertifikat tersebut diserahkan kepada Ketua PA Jaksel dan didampingi Ketua PTA Jakarta. Bapak Hartoni mengucapkan selamat kepada Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang berhasil mempertahankan sertifikat ISO dengan banyak kemajuan dibanding tahun sebelumnya, PA Jaksel memberikan banyak improvement. Disampaikan bahwa tantangan ke depan untuk ISO adalah konsistensi dan perbaikan berkelanjutan. Sertifikat ISO 9001 versi 2008 sendiri masih boleh digunakan hingga tahun 2018, dan setelah itu harus beralih menggunakan versi 2015.

Ketua PA Jaksel dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak atas kerja kerasnya mempertahankan sertifikat ISO, terutama kepada MR (Management Representative) dan auditor internal. Menurut Dr. Chazim, ISO sudah menjadi keharusan, bukan lagi sebagai trend. ISO dapat mendorong pelayanan kepada masyarakat. Dalam kesempatan ini Ketua PA Jaksel juga memohon doa restu, karena PA Jaksel termasuk dalam 7 satker yang ditunjuk dalam pembangunan Zona Integritas WBK-WBBM, mohon doanya agar dapat berhasil meraih predikat WBK-WBBM.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jakarta (Dr. H. Khalilurrahman) kemudian memberikan sambutan. Beliau menyampaikan selamat kepada PA Jaksel atas prestasi terus menerus yang diraih. Selanjutnya Ketua Kamar Peradilan Agama MA RI turut memberikan sambutan dan pembinaan. Dalam kesempatan tersebut beliau mengucapkan selamat kepada PA Jaksel juga Ketua PTA Jakarta yang tak henti membina PA se-DKI. Beliau memberikan pesan, agar tidak hanya terpesona pada raihan ISO, namun juga harus bersiap mensukseskan SIPP. Kaitan Zona Integritas, Ketua Kamar Peradilan Agama menyampaiakan agar para pegawai senantiasa menjaga perilaku dan ucapan. Beberapa pesan Prof. Manan di antaranya, jangan membawa HP ketika sidang, jangan terkantuk saat sidang, jangan makan di ruang sidang, jaga keamanan sidang, jaga wibawa baju toga sebagai kehornatan hakim. Akhirnya Ketua Kamar Peradilan Agama mengucapkan selamat kepada PA Jaksel, PTA Jakarta, dan PA se-DKI atas prestasi-prestasi yang berhasil diraih.

 

Pengadilan Agama Jakarta Selatan kembali kedatangan tamu dari Legal Education Support Program-Afghanistan (LESPA), Selasa, 26 April 2016. Mereka yang bertandang ke kantor Pengadilan Agama Jakarta Selatan ini adalah : Prof. Mohd Ibrahim Noorzae (Senior Professor, Kabul University, Faculty of Islamic law), Prof. Lutforahman Saeed (Kabul University), Fazil Rahim Beserat (Kabul University), Prof. Abdullah Haqyar (Kabul University), Prof. Abdullah Noor Ebad (Kabul University), Sediqullah Maiwandal (Kandahar University) dan Sultan Shar Sultani, serta dihadiri pula oleh Ahmad Nadeem Kakar, Prof. Jonathan Eddy, Direktur Pusat Studi Hukum Asia Universitas Washington, USA.

Kunjungan delegasi Afganistan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan ini bermaksud melihat dari dekat sistem peradilan agama dan prakteknya pada masyarakat muslim modern di wilayah Indonesia.

   

Diterima di Ruang kerja Ketua yang diisi dengan ramah tamah dan diskusi ringan serta tukar menukar cenderamata kemudian berkeliling melihat fasilitas pelayanan dan persidangan Pengadilan Agama Jakarta Selatan. 


 

Diskusi kemudian dilanjutkan di ruang sidang utama yang berlangsung dalam 4 bahasa (Arab, Inggris diselingi sedikit Dari/Persia Afgani dan Bahasa Indonesia) dengan didampingi oleh translator dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Di hadapan para delegasi dari Afganistan tersebut Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan Dr. H. Chazim Maksalina memaparkan Visi dan Misi Mahkamah Agung RI dan keberadaan 4 Lingkungan Peradilan di Indonesia dan lebih dirinci lagi mengenai kewenangan Pengadilan Agama disertai dengan statistik penanganan perkara pada tahun 2015. Diskusi menjadi sangat hidup ketika dibuka sesi tanya jawab, masing-masing akademisi dari Afganistan dan para hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan saling melontarkan pertanyaan sehingga wawasan mereka semakin bertambah mengenai penerapan hukum di kedua negara, bahkan sampai kepada perbandingan penghasilan dan fasilitas para hakim. (NJ)

 

 

Jakarta | Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Mensana in comporesano” itulah motto pelaksanaan senam di Pengadilan Agama Jakarta Selata yang dilaksanakan pada Jumat (08/04/2016). Dimulai pukul 08.00 WIB, pada halaman Pengadilan Agama Jakarta Selatan dipenuhi para peserta senam yang berpakaian olahraga lengkap.

Kegiatan senam ini bukan sekedar untuk olahraga, tetapi sebagai dapat dipergunakan sebagai ajang silaturahmi para pegawai demi membagun kebersamaan dan kesehatan seluruh pegawai Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Dalam pelaksanaan senam, instruktur meminta peserta untuk berteriak untuk membangkitkan semangat kembali, sehingga pelaksanaan senam tampak bergairah dan penuh semangat.

Waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB, senam pun diakhiri dan ditutup dengan gerakan pendinginan untuk melemaskan otot-otot yang tegang pada pelaksanaan senam. Setelah senam selesai (selesai gerakan pendinginan), dilanjutkan dengan istirahat dan santap pagi bersama-sama, menu santap pagi tentunya juga bertemakan “back to nature” diantaranya adalah ubi, kacang, singkong dan jagung yang secara keseluruhan bahan tersebut adalah direbus.

Para pegawai tampak sangat menikmati kebersamaan sepanjang pelaksanaan senam sampai dengan akhir sesi. Melihat antusiasme pegawai, Sekretaris Pengadilan Agama Jakarta Selatan H. Fauzan, S.H., M.H., M.M. akan mengadakan kegiatan senam kembali pada Jumat berikutnya (15/04/2016).

(THM)

Page 1 of 2

Agenda Pimpinan

01-06-2017 Upacara Bendera peringatan Hari Lahir Pancasila

di halaman Kantor PAJS

02-06-2017 Rapat Koordinasi

di R. Rapat Sekretaris MA-RI

09-06-2017 Sosialisasi Sistem Manajemen Mutu (SMM)

di Aula PTA Jakarta

Alamat : Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu

Jakarta Selatan (12550)

Telp  : (021) 788 40013 , 78839743 (Fax)

Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.