logo

on . Hits: 94

Inagurasi Wakil Ketua Baru Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Jakarta. Selasa, 18 Juni 2019, acara inagurasi pelantikan Wakil Ketua dilaksanakan di ruang sidang utama kantor Pengadilan Agama Jakarta Selatan (PAJS). Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan wakil ketua PAJS, Dra. Hj. Sarbiati, S.H.,M.H., dipimpin langsung oleh Ketua PAJS, Dra. Siti Zurbaniyah, S.H., M.H.I dan disaksikan oleh para tamu undangan, diantaranya Ketua Pengadilan Agama Depok beserta jajarannya, para Ketua Pengadilan Agama dan perwakilan pejabat struktural dan fungsional se-DKI Jakarta.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh hadirin yang berada di ruang sidang. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan dan pengambilan sumpah jabatan yang menghadirkan dua orang saksi yaitu dua orang hakim, dan satu rohaniwan dari PAJS. Acara berikutnya adalah penandatanganan Berita Acara Sumpah oleh pihak yang bersangkutan, para saksi, Ketua dan diikuti dengan pelantikan dan pemasangan kalung jabatan oleh Ketua serta penandatangan Pakta Integritas menjadi penutup acara inti.

 

 

Kegiatan berikutnya adalah pengenalan diri oleh Wakil Ketua yang baru kepada semua hadirin. Beliau menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pelantikan dirinya menjadi Wakil Ketua PAJS. Selanjutnya, beliau menyebutkan jika dirinya dengan Ibu Ketua sebelumnya sudah saling mengenal di lingkungan wilayah hukum PTA Jawa Barat sehingga sudah terjalin hubungan komunikasi yang baik sehingga ke depannya diharapkan akan lebih memudahkan dalam berkoordinasi dan bersinergi untuk membangun dan memajukan PAJS. Di samping itu, beliau juga menyampaikan tentunya untuk meningkatkan kinerja dibutuhkan kerja sama yang baik dari semua unsur di lingkungan PAJS.

Acara berikutnya adalah kata sambutan dari Ketua PAJS. Ketua menyampaikan ucapan selamat datang kepada Wakil Ketua yang baru dan mengatakan bahwa Wakil ketua yang baru merupakan sosok mumpuni yang telah terbukti mampu membawa satker sebelumnya selalu berada di zona hijau kategori kinerja SIPP. Selanjutnya, Ketua PAJS menyebutkan jika “sinergi adalah keniscayaan” dan kerja pelayanan merupakan kerja tim, bukan kerja individual sehingga harmonisasi suatu Lembaga menjadi target untuk memajukan lembaga tersebut. Selain itu, ketua juga menyampaikan jika wakil ketua diharapkan mampu mengatasi semua permasalahan kelembagaan ketika ketua sedang tidak ada di tempat, namun koordinasi dengan pimpinan tetap dilakukan jika menyentuh hal yang prinsip.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua juga menambahkan jika wakil ketua merupakan koordinator pengawasan internal di Lembaga bersangkutan. Dengan demikian pengawasan atas jalannya 18 kebijakan Dirjen Badilag dapat terpantau di Lembaga PAJS. Salah satu bentuk pengawasan adalah terkait dengan Zona Integritas. Zona Integritas ini akan dinilai tiap tahun oleh tim penilai eksternal, sehingga kesesuaian evidence dengan fakta di lapangan merupakan suatu keharusan yang benar adanya.

Acara ditutup dengan pembacaan doá oleh Bpk. Drs. Cece Rukmana, S.H., M.H dan ucapan selamat dari para hadirin yang datang kepada Wakil Ketua baru PAJS dengan diiringi alunan musik yang dimainkan oleh Panitera Pengganti PAJS, Mukhlis S.H.,M.H.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550

Telp: 021-78840013

Fax: 021-78839743

Website : www.pa-jakartaselatan.go.id

Email : office@pa-jakartaselatan.go.id_

pajakartaselatan@gmail.com_(kesekretariatan)

pajakartaselatan@yahoo.com_(kepaniteraan)