logo

on . Hits: 164

MOZAIK RAMADHAN

PENGADILAN AGAMA JAKARTA SELATAN

1440 H/2019 M

Bulan Ramadhan merupakan satu momentum yang istimewa bagi umat Islam. Pada bulan suci tersebut, umat muslim melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh dan berlomba-lomba melakukan ibadah untuk meraih pahala karena pahala amal kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Abu Hurairah RA meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa yang memeriahkan bulan Ramadhan dengan ibadah/Qiyamu Ramadhan dan dilakukan dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu." (Shahih Bukhari, h.1870).

Oleh karena itu, para pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Jakarta Selatan juga ikut mengisi bulan penuh berkah ini dengan melakukan beberapa kegiatan ibadah bersama-sama, di antaranya adalah membagi ta’jil kepada masyarakat, tadarrus Al-Qurán dan buka puasa bersama

Pembagian ta’jil merupakan agenda rutin mingguan pegawai PA Jakarta Selatan. Pembagian ta’jil ini dilakukan setiap Jumát sore di depan kantor PA Jakarta Selatan kepada para pengguna jalan yang melintas. Ta’jil dibagikan oleh pegawai honor PA Jakarta Selatan dari hasil sumbangan bersama seluruh pegawai PA Jakarta Selatan. Pemberian ta’jil ini diharapkan dapat menjalin tali silaturahmi antara pegawai PA Jakarta Selatan dengan masyakarat.

 

 

Selanjutnya, kegiatan rutin lainnya yang dilaksanakan oleh para pegawai PA Jakarta Selatan pada bulan suci Ramadhan adalah tadarrus Al-Qurán bersama. Kegiatan ini dilaksanakan setelah shalat dzuhur berjamaáh dan kultum oleh penceramah dari para hakim PA Jakarta Selatan. Tadarrus Al-Qurán dibagi dalam beberapa grup yang berisikan ketua dan anggota grup. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk mengkhatamkan Al-Qurán secara bersama juga menjadi momen untuk belajar mengaji bagi yang belum fasih membaca Al-Qurán.

                

 

Kegiatan Ramadhan lainnya adalah acara buka puasa bersama. Kegiatan ini dilakukan oleh para pegawai sebagai bentuk sarana silaturahmi antar keluarga besar PA Jakarta Selatan. Dalam kegiatan ini, PA Jakarta Selatan turut serta mengundang masyarakat kurang mampu untuk ikut berbuka puasa bersama dan membagi bingkisan kepada mereka sebagai bentuk kepedulian social kepada masyarakat sekitar. Acara buka puasa bersama ini diawali dengan kata sambutan oleh Wakil Ketua PA Jakarta Selatan, Ibu Hj. Atifaturrahmaniyah, S.H., M.H. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan acara dan ungkapan terima kasih bagi yang hadir. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh hakim PA Jakarta Selatan, Bpk. Drs. H. Ilham Suhrowardi, M.H selama kurang lebih 20 menit.

 

     

Setelah sesi ceramah, Ibu Wakil Ketua kembali mengambil tempat dalam acara tersebut untuk membagi bingkisan kepada para undangan yang hadir. Kemudian Acara diakhiri dengan pembacaan doá oleh sdr. Ombang Hasyim Ashari, S. Ag.

Pada akhirnya, semoga semua ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadhan ini mendapatkan ganjaran pahala yang besar dan keberkahan dari Allah SWT. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin..

#RamadhanKareem

#MohonMaafLahir&Batin

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550

Telp: 021-78840013

Fax: 021-78839743

Website : www.pa-jakartaselatan.go.id

Email : office@pa-jakartaselatan.go.id_

pajakartaselatan@gmail.com_(kesekretariatan)

pajakartaselatan@yahoo.com_(kepaniteraan)