logo

Written by Najamudin, S.Ag., S.H., M.H. on . Hits: 783

PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN PANITERA BARU PA JAKARTA SELATAN

Ragunan | pa-jakartaselatan.go.id

Tepat hari Senin tanggal 14 Januari 2019 pada pukul 15.30 Wib, di Ruang Sidang 1 Pengadilan Agama Jakarta Selatan dilaksanakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Panitera Pengadilan Agama Jakarta Selatan Ibu Hj. Umi Salamah Tatroman, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Panitera Pengadilan Agama Jakarta Utara menggantikan Bapak Sufyan, S.H yang telah pindah tugas ke Pengadilan Agama Tangerang.

Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah ini dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah dan pelantikan Panitera oleh Ketua Pengadilan Agama Jakarta Selatan, kemudian penanda tanganan Berita Acara Pelantikan dan Pakta Integritas.

Kemudian dalam pengarahan, Ketua mengucapkan selamat atas pelantikan ibu panitera semoga dengan mutasi ini dapat memberi keberkahan bagi keluarga dan dapat cepat beradaptasi dengan 102 orang pegawai dan lingkungan Pengadilan Agama Jakarta Selatan, disampaikan bahwa Pengadilan Agama Jakarta Selatan mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda, sebagai contoh di wilayah Jakarta Selatan terdapat tanah seharga 200 juta per meter suatu harga yang mungkin tidak dijumpai di tempat lain, sehingga dimungkinkan adanya sengketa wakaf, hibah atau waris terhadap tanah yang hanya seluas 20 meter, begitu pula pihak yang berperkara meliputi para pejabat negara dan publik figur. Untuk itu Panitera perlu lebih intensip memberi pengarahan dan pembinaan kepada para petugas, utamanya kepada jurusita dan jurusita pengganti sehingga masing-masing mempunyai kapabilitas yang handal dan profesional serta kompak dalam melaksanakan tugas kejurusitaan.

Dilanjutkan dengan perkenalan dari Panitera PA Jaksel yang baru dilantik didampinig keluarga, dalam perkenalan tersebut Ibu Hj. Umi Salamah Tatroman, S.H., M.H. meyampaikan perjalanan karirnya yang pernah bertugas di PA Jakarta Selatan, dan terharu ketika mengenang perkataan seseorang bahwa dirinya suatu saat akan kembali lagi bertugas di PA Jakarta Selatan menduduki suatu jabatan dan dikatakan selanjutnya bahwa ibu Umi akan kembali ke PA Jakarta Selatan sebagai seorang Panitera, dan ternyata perkataan tersebut merupakan doa yang terwujud di tahun 2019. 

 

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta Bapak Drs. H. M. Yamin Awie, S.H., M.H., Hakim Tinggi Pengawas pada Badan Pengawasan MA-RI Bapak Dr. H. Achmad Zainullah, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Jakarta Barat Ibu Dra. Hj. Muhayah, S.H., M.H., Wakil Ketua Pengadilan Agama Jakarta Utara Bapak Drs. Paet Hasibuan, S.H., M.H. serta para undangan lainnya dari PA se wilayah DKI Jakarta.

Di akhir acara disampaikan pembacaan do’a dan pemberian ucapan selamat oleh para hadirin kepada Ibu Hj. Umi Salamah Tatroman, S.H., M.H. sebagai Panitera Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jakarta Selatan

Jl. Harsono RM No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12550

Telp: 021-78840013

Fax: 021-78839743

Website : www.pa-jakartaselatan.go.id

Email : office@pa-jakartaselatan.go.id_

pajakartaselatan@gmail.com_(kesekretariatan)

pajakartaselatan@yahoo.com_(kepaniteraan)